Rute dan Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo Yang Lagi Hits

Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo - jika Bantul memiliki Karst Tubing Sedayu sebagai wisata baru, Kulon Progo juga tak mau kalah. Kabupaten yang lebih banyak terkenal dengan wisata alam pegunungan dan Air Terjun ini ternyata juga memiliki panorama keindahan di pesisir pantainya. Bukan pantai Glagah Indah saja, kini primadona wisata pantai di Kulon Progo justru ada di sebelah barat yaitu Hutan Mangrove Pantai Congot. Eits, sebenarnya lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo ini bukan ada di Pantai Congot loh ya, namun karena sudah terlanjur salah kaprah, pengunjung pertama menyebutnya Hutan Mangrove Pantai Congot, padahal letak Hutan Mangrove ini masih jauh ke barat dari Pantai Congot. Jadi kalau kamu mencari Hutan Mangrove Kulon Progo dan bertanya kepada warga atau Mbah Google dengan mencari Pantai Congot, bisa saya pastikan kamu akan mendapatkan Zonk. Pasalnya Lokasi Pantai Congot dan Hutan Mangrove ini beda tempat, ya itu tadi karena banyak yang salah kaprah menyebutnya Hutan Mangrove Pantai Congot, untuk lokasi dan rute selengkapnya akan kita bahas di bagian bawah.
Foto Hutan Mangrove Congot Kulon Progo
Foto Hutan Mangrove Congot Kulon Progo

Keindahan Hutan Mangrove Kulon Progo

Oke, bagian ini kita akan bahas dulu keindahan dan panorama apa yang dapat kita temui di lokasi wisata baru yang ngehits banget ini. Awalnya, lokasi ini merupakan kawasan konservasi yang didirikan sekitar tahun 90an oleh kelompok Wanatirta dengan menanami pohon bakau guna menangkal abrasi. Namun siring berjalannya waktu muncul ide untuk membuka hutan bakau ini menjadi wisata edukasi kepada wisatawan/masyarakat agar "concern" terhadap pantai dengan melakukan penanaman bakau. Namun diluar ekspektasi, ide membuka wisata HUtan Mangrove di Kulon Progo ini justru malah booming dan menjadi hits di sosial media sehingga pengunjungnya bisa mencapai ribuan. Tak heran jika kemudian Hutan Mangrove Pantai Congot ini terus dikembangkan sebagai wisata alternatif dan wisata edukatif.
Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo
Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo begitu rimbun
Hutan Mangrove Kulon Progo ini memang menjadi wisata konservasi pertama tanaman bakau di daerah Jogja, di sebelah Pantai Parangtritis sebenarnya ada juga Hutan Bakau namun belum sebesar Hutan Mangrove di Kulon Progo ini. Ok back to topik, di sini kita dapat melihat hamparan hutan bakau seluas 3 hektar yang berada di tepi pantai dan sepanjang sungai Bogowonto. Nuansa hijau khas hutan bakau menjadi panorama utama, selain itu ada juga spot spot selfie sepeti ayunan, gazebo, serta jembatan Api Api. Nah yang paling banyak diggunakan untuk spot foto adalah Jembatan Api Api, Gazebo dalam hutan, serta jalan yang digunakan untuk menembus rimbunny hutan. 
Jembatan Api Api
Jembatan Api Api Hutan Mangrove Kulon Progo
Jembatan di Hutan Mangrove Kulon Progo ini sempat ambruk beberapa waktu lalu karena awalnya memang tak diset untuk wisata dengan volume wisatawan mencapai ribuan dan hanya terbuat dari bambu, namun kini sudah diperbaiki dan lebih kuat dnegan menggunakan kayu. Berwisata ke Hutan Mangrove Kulon Progo yang tepat adalah saat pagi hari atau sore hari menjelang sunset. Sebab kalau siang hari berkunjung ke sini terasa sekali panasnya bukan main hehe.

Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo

Ok kita akan meluruskan salah kaprah mengenai Hutan Mangrove Pantai Congot, jadi sebenarnya hutan Mangrove in letaknya ada di Dusun Pasir Mendit Desa Jangkaran Kecamatan Temon Kulon Progo. Lokasinya sekitar 15 menit dari Pantai Congot, tepatnya 7 km. Untuk mencapai lokasi Htan Mangrove Pasir Mendit ini bisa ditempuh daru dua jalur jalur utara dan jalur selatan.
Hutan Mangrove Pasir Mendit
Spot Selfie di Hutan Mangrove Pasir Mendit

Rute Menuju Hutan Mangrove Kulon Progo

Jika dari Jogja menuju ke Hutan Mangrove Kulon Progo cukup ambil arah ke jalan Wates, kemudian lurus terus hingga samapi ke pertigaan patung kuda (Nyi Ageng Serang) ambil arah ke kiri (Purworejo) lurus terus hingga sampai ke terminal Wates, dan terus ke barat sampai menemukan Rumah Makan Padang Sederhana, sebelah baratnya ada pertigaan ambil kiri. Ikuti jalur Ke Pantai Congot kemudian ada pertigaan (ke kiri Pantai Conot) masih terus ke barat hingga melalui Jembatan, setelah itu belok kiri (Arah Desa Jangkaran) dari situ sudah banyak petunjuk arah ke Hutan Mangrove Pasir Mendit.
Jika dari arah Bantul meu ke Hutan Mangrove Kulon Progo tinggal ikuti arah ke Pantai Glagah melalui Jalan Daendels, lurus ke Barat sampai menemukan Jembatan seperti yang disebut di atas.
Sunset di Hutan Mangrove Congot Kulon Progo

Harga Tiket masuk hutan Mangrove Kulon Progo

Untuk masuk dan menikamati pemandangan di Hutan Mangrove, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp. 3.000/orang dan parkir Rp. 2.000/sepeda motor atau Rp. 5.000/mobil. Di sini ada beberapa pintu masuk karena dikelola oleh 3 kelompok.

Artikel Maripiknik.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top